High Pressure.

I  almost sink into the lowest level of my life..

Tuhan Yesus.. Tolong saya…

Badge Kaskus

sabtu pagi buka kaskus.

Eh nemu thread ginian badge Kaskus (bantu idenya S E R S A N)
di coba dulu ah..

ni hasilnya…

Kaskus badge : The Largest Indonesian Community

thanks untuk juragan chmdznr

beer

si BUAYA ulang taun yang PERTAMA ternyata.

Baru nyadar.. blog ini baru aja ulan taun tanggal 16 april kemaren… 😀
ga kerasa juga udah setahun.
maap telat ngucapinnya.. gw terlalu sibuk sama real world dan skripsi..
happy sweet belated birthday buat si BUAYA, semoga makin oke.

cupcakes

nih gw kasih cupcakes buat loe..

singkat, padat, tak jelas

Ada satu hal yang mengganjal di pikiran gw selama ini, yaitu mengenai hit stats dari blog gw ini. Buat yang belom tau, Hits stat adalah counter yang menghitung jumlah orang yang mengunjungi suatu halaman web. Biasanya rank dari suatu web juga ditentukan dari jumlah hit stats nya.
Ok, balik lagi ke laptop.
Setelah gw tinggal kurang lebih sebulan, hit stats blog ini bertambah kurang lebih 700an. waw.. buat gw itu adalah angka yang cukup bagus terutama bila dibandingkan dengan kualitas blog ini yang sangat ecek-ecek. kekee..

udah segitu aja posting gw malem ini.

*tuh kan makin keliatan dah ecek-ecek nya*

Persiapan Menjelang Hari Kasih Sayang

Hari valentine identik dengan coklat. Coklat itu akan kita berikan pada orang untuk menunjukkan rasa sayang kita. Entah dari mana asal muasal sejarah coklat itu pun gw ga tau. Coklat kan mahal……ya kan?? hehe..
Karena mahalnya coklat maka gw berniat untuk merubah keidentikan coklat itu dengan barang lain yang lebih unik dan lebih terjangkau tentunya yaitu Taro….. hohohoho 😀

Taro dapat kita temukan dimana-mana. Selain enak dan lumayan bergizi, Taro juga cukup terjangkau untuk kita yang saat ini sedang terkena dampak krisis global :D.
Memang keliatan nya nothing special kalo kita cuman ngasi Taro, tapi bila cara kita menyampaikan dengan tulus iklas, orang yang diberi pun akan klepek-klepek.

Hemat Bandwith Cara Gue

Hampir semua orang dirumah gw terkena dampak ketagihan internet. Mulai dari emak bapak gw yang kirim2 email ke rekan kerjanya sampe kakak-kakak gw yang dah mulai doyan buka facebook. Kuota speedy yang dijatah 1Gb per bulan, gw rasa ga cukup untuk menampung hasrat berinternet dalam keluarga gw, apalagi saat ini program gratisan ‘8to8’ nya udah berakhir. Untuk itu gw menerapkan program hemat bandwith bagi diri gw sendiri untuk menghindari adanya kelebihan kuota yang akan membuat tagihan internet meledak-ledak. Caranya adalah dengan meminimalisir bandwith download ketika kita membuka suatu web, ini gw lakukan dengan mengnonaktifkan Image Loading pada browser sehingga browser tidak akan mendownload dan menampilkan image ketika kita membuka suatu webpage (menyedihkan memang, cuma bisa liat tulisan2 doank T.T) .
Caranya:
Pada Firefox 3 : Tools -> Options -> Content -> Uncheck “Load images automatically”
Pada Internet Explorer : Tools -> Internet Option -> Advanced -> Multimedia -> Uncheck semua option dibawah multimedia.

Install Qt di Ubuntu dan Windows XP

Salah satu cara untuk membuat GUI (Graphical User Interface) dalam programming bahasa C++ adalah dengan menggunakan Qt.

Definisi singkat tentang Qt:

  1. Diambil dari kata “cute”.
  2. C++ class library untuk membuat GUI program.
  3. Dapat digunakan di multiplatform antara lain Windows, Mac OS X, Linux, Solaris, HP-UX dll.

Berikut akan gw berikan langkah-langkah dalam menginstall Qt  pada Ubuntu dan Windows XP.

1. Install Qt pada Ubuntu.
Qt pada ubuntu dapat diinstall dalam 2 cara yaitu dengan cara “otomatis” dan “manual” 😀 .

Cara Otomatis

  1. Buka terminal.
  2. ketik: sudo apt-get install qt3-dev-tools (untuk Qt versi 3) atau sudo apt-get install qt4-dev-tools (untuk Qt versi 4).
  3. done! Qt telah di install. Umumnya Qt akan terinstal pada /usr/shared/qt directory.

Cara Manual

1. Download Qt sourcecode “qt-x11-opensource-src-4.4.3.tar.gz” disini
2. Untar file yang sudah di donload ke directory yang ingin diinstal Qt.
3. Buka Terminal.
4. ketik: cd qt-x11-opensource-src-4.4.3
5. ketik: ./configure
6. ketik: make (ini akan memakan waktu kurang lebih 2-4 jam :D)
7. setelah selesai, kita harus menambah path library ke Qt yang telah di install. Caranya ketik:

QTDIR=/usr/local/qt-x11-opensource-src-4.4.3
PATH=$QTDIR/bin:$PATH
MANPATH=$QTDIR/doc/man:$MANPATH
LD_LIBRARY_PATH=$QTDIR/lib:$LD_LIBRARY_PATH
export QTDIR PATH MANPATH LD_LIBRARY_PATH

8.      done!

2. Install Qt pada Windows XP (integrasi dengan Visual C++ 2008 Express).
Qt pada windows terdiri dari 2 macam, yaitu Qt Commercial dan Qt Open Source. Gw hanya akan memberikan cara2 menginstall Qt opensource yang diintegrasi dengan Microsoft Visual Studio 2008 Express.

1. Install Microsoft Visual C++ 2008 Express. Bila belum punya, dapat di donload disini
2. Download Qt for Open Source C++ development on Windows disini
3. Unzip file Qt yang telah didownload ke C:\Qt\
4. Buka Visual Studio 2008 Command Prompt
5. Masuk ke Qt directory. cd \Qt
6. ketik: configure
7. ketik: nmake (silahkan nyuci2 dulu, tidur2 dulu, bikin kopi atau yang lainnya, karena ini akan memakan waktu 2-4 jam :D).
8. Setelah selesai, kita harus mengatur environment yang baru. Caranya klik kanan pada My Computer -> Properties -> Advanced -> Environment Variables

tambahkan:

QTDIR = C:\Qt
Path = %QTDIR%\bin

9.      Masuk ke Visual C++ 2008. Tools -> Option -> Project and Solutions -> VC++ Directories -> Show directories for
-> Include files.
Tambahkan:
$(QTDIR)\include
-> Library fies.
Tambahkan:
$(QTDIR)\lib
klik OK.
10.     done!

Setelah selesai menginstall Qt pada Ubuntu ataupun Windows, sekarang waktunya untuk mengetes hasil instalasi dengan menjalankan Hello World!.
1. Buat sebuah folder ‘hello’ dan sebuah file ‘hello.cpp’ didalamnya.
2. Copy paste ini pada hello.cpp

#include <qapplication.h>
#include <qlabel.h>
int main(int argc, char *argv[])
{
QApplication app(argc, argv);
QLabel *label = new QLabel("Hello Qt!", 0);
app.setMainWidget(label);
label->show();
return app.exec();
}

3. buka Terminal pada Ubuntu atau Visual Studio 2008 Command Prompt pada Windows.
4. Masuk ke dalam folder ‘hello’ -> cd hello
5. ketik:
qmake -project
qmake hello.pro
make
hello (pada Windows) atau ./hello (pada Ubuntu)

6. Untuk membuat Visual Studio project file:
qmake -project
qmake hello.pro
qmake -tp vc hello.pro
Dari sini kita dapat mengcompile hello.pro di Visual Studio

Selamat mencoba.
Info lebih lanjut silahkan kunjungi website ini. 😀


  • 31,030 hits

Y! Messenger ID : andra_72gar

Twitter – andrasiregar

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Dhaniel Juliandra Siregar's Facebook profile

RSS DETIK.COM

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Pages